Search This Blog

Loading...

Fungsi Waktu Microsoft Access

Fungsi-fungsi yang berhubungan dengan waktu yang ada pada Microsoft Access:
  1. Time()
  2. Now()
  3. Date()

Fungsi Time() menghasilkan data current time (jam saat ini) pada komputer sistem yang digunakan oleh kita.

Contoh perintah:

MsgBox Time()

akan menghasilkan kotak dialog:

Fungsi Now() menghasilkan data current date (tanggal saat ini) dan current time (jam saat ini) pada komputer sistem yang digunakan oleh kita.

Contoh perintah:

MsgBox Now()

akan menghasilkan kotak dialog:


Penggunaan fungsi Time() dan Now().

Terkadang kita perlu menyimpan data waktu kapan sebuah record data disimpan atau diupdate ke dalam database. Untuk keperluan ini kita dapat menggunaka fungsi time atau fungsi now. Dalam tabel data kita harus menyediakan field untuk menyimpan data tanggal dan waktu. Misalnya dalam tabel data kita menyediakan field entry_data_time dengan type data Date/Time. Perintah SQL untuk menambah data adalah sbb:

"INSERT INTO data (entry_data_time) values (now());"

Fungsi Date() menghasilkan data current date atau tanggal saat ini dari sistem komputer yang digunakan. Jika kita gabungkan fungsi date() dan time() maka akan menghasilkan nilai yang sama dengan fungsi now().

Penggunaan fungsi date()

Apabila kita merancang sebuah form entry data transaksi harian yang mana di dalam form tersebut ada isian data tanggal transaksi, kita dapat menggunakan fungsi date() sebagai default value dari field atau textbox data tanggal untuk mempercepat proses entry data dari operator entry data.

Post a Comment