Search This Blog

Loading...

Fungsi Month() Microsoft Access

Fungsi Month() adalah fungsi untuk menghasilkan data bulan dari sebuah variabel tanggal.

Cara penulisan:

Month(variabel-tanggal)

variabel-tanggal adalah variabel berisi data format tanggal.

Contoh penggunaan fungsi Month() berikut akan menghasilkan data bulan sistem komputer

Dim myBln
myBln= Month(Now()) ' myBln akan bernilai data bulan dari tanggal komputer

Penggunaan pada aplikasi database:

1. Jika form yang kita buat memerlukan data bulan, kita dapat men-set default value dari text box dalam form kita dengan fungsi Month(Now()) untuk mengurangi proses entry data oleh user.

2. Pada tabel transaksi biasanya ada field tanggal transaksi, baik transaksi pembelian maupun penjualan. Jika kita ingin menampilkan data transaksi perbulan dapat digunakan perintah query: SELECT * from tabel-data WHERE MONTH(tanggal_transaksi)=9 and YEAR(tanggal_transaksi)=2009.
Untuk memfilter atau menyortir data transaksi berdasarkan bulan dan tahun akan lebih baik kita menyediakan field Bulan dan Tahun yang datanya diambil dari data transaksi dengan fungsi Month(Tanggal_Transaksi) dan Year(Tanggal_Transaksi), sehingga perintah select query yang digunakan menjadi SELECT * from tabel-data WHERE Bulan=9 and Tahun=2009.

Perintah SELECT dengan kondisi WHERE Bulan=9 and Tahun=2009 akan lebih cepat dibanding dengan kondisi WHERE MONTH(tanggal_transaksi)=9 and YEAR(tanggal_transaksi)=2009 karena tidak melakukan proses konversi tanggal menjadi Bulan dan Tahun.

Post a Comment