Search This Blog

Loading...

Fungsi Inputbox() Microsoft Access

Fungsi InputBox adalah untuk menampilkan prompt pada dialog box menunggu masukkan atau klik pada tombol dari user dan mengembalikan string yang ada didalam textbox pada dialog box yang ditampilkan.

Cara penulisan atau syntax:

InputBox(prompt[, title] [, default] [, xpos] [, ypos] [, helpfile, context])

  • prompt : Required/harus diisi. String yang akan ditampilkan sebagai pesan pada dialog box. Maksimal panjang string 1024 karakter.
  • tittle : Optional. String yang akan ditampilkan pada title bar dari dialog box yang ditampilkan.
  • default : Optional. String default yang akan ditampilkan pada text box pada dialog box yang.
  • xpos : Optional. Data angka yang menunjukan jarak dialog box dari sisi kiri layar monitor. Jika tidak diisi maka dialog box akan ditempatkan ditengah.
  • ypos : Optional. Data angka yang menunjukan jarak dialog box dari atas layar monitor. Jika tidak diisi maka dialog box akan ditempatkan ditengah.
  • helpfile : Optional. String yang menunjukkan file help yang digunakan sehubungan dengan dialog box yang muncul.
  • context : Optional. Data numerik yang berisi nomor context help yang disesuaikan dengan hekp topic oleh pembuat file help.

Contoh penggunaan:

Sub CobaInputBox()
strInput = InputBox("Masukkan data", "Input", "Coba")
MsgBox strInput
End Sub

Jika procedure di atas dijalankan, maka akan muncul dialog box berikut:

Pada gambar di atas judul dialog box adalah tulisan 'Input' dan prompt-nya adalah 'Masukkan data'. Tampak string Coba sudah ada pada dialog box sesuai dengan yang ditulis pada procedure atau sub CobaInputBox(). User bisa mengganti tulisan Coba dengan tulisan lain, kemudian jika user mengklik tombol OK maka variabel strInput akan berisi data yang dimasukkan oleh user. Jika user mengklik tombol Cancel maka variabel strInput akan bernilai string kosong atau"".

Post a Comment