Search This Blog

Loading...

Property Object Microsoft Access

Secara bahasa arti kata property adalah kepemilikan. Jadi property pada Microsoft Access adalah segala hal yang dimiliki oleh suatu object, misalnya ukuran text box (width dan height), format, jenis huruf (font), ukuran huruf dan lain-lain. Jika kita lihat property dari setiap object pada MS-Access maka kita akan mendapatkan pembagian property berdasarkan fungsinya.
  • Property kelompok Format yaitu propety yang berhubungan dengan format dari suatu object, misalnya warna object, ukuran object, posisi object dan lain-lain. Pada property format, objek yang berbeda dapat mempunyai jenis property yang sama misalnya objek text box, combo box, label mempunyai property height(ukuran tinggi objek), width (lebar object), left (jarak dari sisi kiri form), top (jarak dari sisi atas form) dan lai sebagainya
  • Property kelompok Data yaitu propety yang berhubungan dengan data dari suatu object, misalnya sumber data dari suatu object, nilai default (default value), input mask, aturan validasi (validation rule), enable atau dapat diedit dan lain-lain.
  • Property kelompok Event yaitu method yang dimiliki oleh sebuah object, method yaitu respon yang dapat diset oleh programer jika suatu proses terjadi pada sebuah object. Misalnya even after update dapat dipicu jika pada suatu objek misalnya text box terjadi perubahan data, di sini programmer menulisakan kode program tertentu pada procedure atau sub efter update.
  • Property kelompok Other yaitu property yang menyimpan data nama dari suatu object. Nama suatu object tidak boleh kosong dan secara default Microsoft Access akan memberi nama setiap object yang dibuat dengan nama tertentu diikuti nomor urut object. Misalnya object text box pertama akan diberi nama Text0 kemudian object combo box akan diberi nama combo2 dst. Selain menyimpan nama objek di sini juga kita dapat menentukan urutan akses data berdasarkan tab index dan tab stop.
  • Property kelompok All adalah gabungan semua property dalam tab All

Berikut penjelasan lebih rinci mengenai property object pada Microsoft Access
  1. Property object Form
  2. Property object Label
Post a Comment