Search This Blog

Loading...

Membuat Form dengan Wizard

Bagaimanakah cara membuat form dengan wizard pada Microsoft Access?

Untuk proses mengisi data ke dalam tabel, kita dapat menggunakan form sebagi interface bagi user untuk proses entry data. Mengapa kita perlu menggunakan form? Dengan menggunakan form, proses entry data dapat dikustomisasi oleh programmer. Selain itu form juga berfungsi untuk mempermudah bagi user untuk proses entry data.

Microsoft Access menyediakan cara membuat form yang mudah yaitu dengan menggunakan wizard. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Download contoh Microsoft Access dengan isi tabel Karyawan di sini (file MS-Access versi 2002)
  2. Setelah file diextract buka file SIP.MDB (dalam file ini ada tabel KARYAWAN)
  3. Pilih menu Insert, lalu pilih Form, akan muncul New Form dialog box
  4. Pilih Form Wizard dari pilihan yang ada pada list box dan pilih Tabel KARYAWAN pada combo box pilihan tabel atau query, klik tombol OK
  5. Akan muncul dialog box untuk memilih filed apa saja dari tabel KARYAWAN yang akan ditampilkan pada form yang akan kita buat. Klik tombol >> untuk menyertakan semua field pada form yang akan kita buat, kemudian klik tombol Next.
  6. Pada layar berikutnya kita diminta untuk memilih form layout. Ada 6 pilihan form layout yang disediakan yaitu Columnar, Tabular, Datasheet, Justified, Pivot Table dan Pivot Chart. Untuk proses entry data di sini kita akan menggunakan pilihan Columnar, lalu klik tombol Next.
  7. Pada layar berikutnya kita diminta untuk memilih style, silakan anda pilih sesuka hati anda. Di sini saya memilih Standard. Selanjutnya klik tombol Next.
  8. Selanjutnya kita diminta untuk memberi nama form yang baru saja kita buat. Secara default MS-Access akan memberi nama KARYAWAN sesuai dengan tabel yang kita pilih. Jika kita akan memodofikasi form pilih Modify the form’s design, lalu klik tombol Finish.

No comments: