Search This Blog

Loading...

Contoh Struktur Organisasi SIP

Untuk membangun Sistem Informasi Personalia (SIP) kita harus mengetahui Struktur Organisasi dari perusahaan yang akan kita bangun sistem-nya. Sebagai contoh kita akan menggunakan Struktur Organisasi berikut dalam Sistem Informasi Personalia yang akan kita bangun.

Jabatan tertinggi dalam organisasi ini adalah Presiden Direktur. Presiden Direktur membawahi 3 Headquarter yaitu Headquarter Produksi, Headquarter Administrasi dan Headquarter Pemasaran. Masing-masing Headquarter dipimpin oleh seorang Direktur Headquarter.

Headquarter Produksi membawahi 4 departemen yaitu Departemen Produksi, Departemen Planing/Perencanaan, Departemen QualityControl dan Departemen Tehnik. Masing-masing Departemen dikepalai oleh Departemen Manager. Departemen di Headquarter Produksi mempunyai Seksi yang dikepalai oleh seorang Supervisor:

Departemen Produksi Departemen Planning Departemen Quality Control Departemen Teknik
Seksi Tablet Seksi Pembelian Seksi Pemeriksaan Bahan Baku Seksi Teknik dan Maintenance
Seksi Injeksi Seksi Gudang Seksi Pemeriksaan Obat Jadi Seksi Ulility
Seksi Packing


Headquarter Administrasi membawahi 4 departemen yaitu Departemen HR(HRD), Departemen GA/Umum, Financial Departemen (Keuangan) dan Departemen IT (Information and Technology Department). Masing-masing Departemen dikepalai oleh Departemen Manager. Departemen di Haedquarter Administrasi mempunyai Seksi yang dikepalai oleh Supervisor, adapun daftar seksi adalah sebagai berikut:

HRD GAD Financial Departemen ITD
Seksi Payroll Seksi Internal Seksi Akuntansi Seksi Database
Seksi PL Seksi External Seksi Pajak Seksi Jaringan

Headquarter Pemasaran membawahi 3 Region yaitu Region 1, Region 2 dan Region 3. Masing-masing Region dikepalai oleh Regional Manager. Regioan membawahi area yang dikepalai oleh Supervisor Area sebagai berikut:

Region 1 Region 2 Region 3
Area Jakarta Area Bandung Area Surabaya
Area Medan Area Semarang Area Makassar
Area Palembang Area Solo Area Denpasar

No comments: