Search This Blog

Loading...

Combo Box Microsoft Access


Combo box adalah control pada Microsoft Access yang dapat digunakan untuk proses entry data yang datanya dapat dipilih dari suatu daftar.

Cara membuat control Combo Box:
  1. Buat form baru dengan design view
  2. Pada toolbar toolbox klik pada combo box
  3. Klik pada area form di tempat dimana kita ingin menyimpan combo box yang akan kita buat
  4. Double click pada combo box yang baru saja dibuat, akan muncul combo box property.Klik pada tab data, pada tab ini kita dapat men-set sumber data atau Row Source dari manakah daftar data yang akan muncul pada combo box akan ditampilkan. Source data dapat berupa Tabel/Query, Field List atau Value List
  • Jika kita ingin data yang ditampilkan pada combo box berasal dari tabel, maka kita memilih Data Source Table/Query lalu isi Row Source dengan nama tabel atau perintah query Select.
  • Jika kita ingin data yang ditampilkan adalah daftar field dari suatu tabel maka kita pilih Data Source-nya Field List lalu isi Row Source dengan nama tabel yang daftar field-nya akan ditampilkan pada combo box.
  • Jika kita ingin data yang ditampilkan berupa daftar yang kita tentukan sendiri kita pilih Data Source-nya Value List lalu isi Row Source dengan data-data yang kita inginkan berupa daftar nama atau data yang dipisahkan dengan tanda koma (misalnya: Januari,Pebruari,Maret).

Contoh penggunaan Combo Box:

Penggunaan combox dengan Row Source dari Table/Query
Misalnya kita ingin memilih nama bulan dari combo box. Ada 2 jenis data bulan yang dapat kita gunakan, yang pertama nomor bulan yaitu anggka 1 sampai 12 atau nama bulan yaitu Januari sampai Desember.

Langkah pertama kita membuat tabel BULAN dengan field NOMOR_BULAN (Primary Key) dan NAM_BULAN. Isi field NOMOR_BULAN dengan data angka 1 sampai 12 dan field NAMA_BULAN dengan data Januari sampai Desember.

Buat form baru dengan design view, tambahkan satu buah control combo box. Tamplikan com box property (jika combo box property belum tampil) dengan cara men-double click control combo box yang baru saja kita buat.

Pada combo box property, klik tab format isi clumn count dengan angka 2, isi kkolumn width dengan 0

Klik pada tab data, pilih Row Source type Tabel/Query, isi Row Source dengan nama tabel BULAN lalu Save form yang baru kita buat.

Buka form yang baru saja kita buat dengan cara mendouble click nama form. Setelah form terbuka klik pada pilihan combo box untuk menampilkan data bulan. Hasilnya akan tampak seperti gambar berikut:

Post a Comment