Search This Blog

Loading...

Simpanan Anggota

Simpanan anggota dibagi menjadi simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan sukarela dan simpanan harkop (hari koperasi)

Simpanan Pokok
Simpanan Pokok adalah simpanan yang hanya dibayar sekali oleh anggota yaitu pada awal keanggotaan koperasi. Simpanan ini tidak bisa diambil oleh anggota kecuali anggota yang bersangkutan keluar dari koperasi. Besarnya simpanan pokok disepakati oleh seluruh anggota koperasi dan ditetapkan dalam AD/ART.

Simpanan Wajib
Simpanan wajib adalah simpanan yang dibayar setiap bulan dan besarnya simpanan wajib ditetapkan/disepakati oleh seluruh anggota koperasi. Simpanan wajib tidak bisa diambil oleh anggota kecuali anggota tersebut keluar dari koperasi.

Simpanan Sukarela
Jika simpanan pokok dan simpanan wajib besarnya ditetapkan, maka besarnya simpanan sukarela bebas sekehendak anggota. Simpanan sukarela dapat diambil oleh anggota setiap saat.

Simpanan Harkop
Simpanan Harkop adalah simpanan yang dibayarkan oleh anggota setahuh sekali bertepatan dengan Hari Koperasi. Besarnya simpana Harkop biasanya juga tidak ditentukan, jumlah simpanan ditentukan oleh masing-masing anggota. Simpanan Harkop juga biasanya tidak dapat diambil oleh anggota kecuali anggota keluar dari koperasi.

Berikut gambar relasi tabel modul Simpanan Anggota Koperasi:



Post a Comment