Search This Blog

Loading...

Operasi Tambah Kurang Data Tanggal di Access


Dalam aplikasi pengolahan data kita sering mengelola atau memanipulasi data tanggal, karena data tanggal merupakan salah satu data yang sangat penting dalam pengolahan data transaksi dalam suatu proses bisnis.

Misalnya dalam aplikasi inventory control kapan atau tanggal berapa suatu barang menambah stok atau mengurangi stok, dalam aplikasi pembelian kapan suatu barang dikirim dari suplier, dalam aplikasi account payabel kapan kita harus membayar utang kepada suplier dan lain sebagainya.

Pada posting kali ini penulis akan memberikan contoh pengolahan data tanggal pada Microsoft Access. Pengolahan data tanggal di posting ini meliputi operasi penambahan dan pengurangan.

Pada tabel Microsoft Access field data untuk menyimpan data waktu baik jam maupun tanggal adalah dengan type data Date/Time. Sedangkan pada modul, type data tanggal dideklarasikan sebagai Date.

Tipe data tanggal pada tabel MS-Access:


Berikut contoh deklarasi data tanggal pada modul:

Dim varTanggal as Date

Pada Microsoft Access kita dapat melakukan operasi penambahan dan pengurangan tangal seperti kita melakukan operasi penambahan dan pengurangan pada data numeric.

Misalnya kita mempunyai Text Box dengan nama Tanggal yang di bound pada field Tanggal dari suatu tabel dengan type data Date/Time.

Maka untuk melakukan operasi penambahan atau pengurangan bisa dilakukan dengan script kode program berikut:

Me.[TANGGAL] = Me.[TANGGAL] + 1

dan

Me.[TANGGAL] = Me.[TANGGAL] - 1


Berikut contoh form dengan script proses tambah dan kurang data tanngal:


Jika user mengklik tombol + maka data tanggal akan bertambah satu dan jika user mengklik tombol - maka data tanggal akan berkurang satu.

Post a Comment