Search This Blog

Loading...

Relasi Tabel Modul Penjualan


Bagaimanakah cara membuat relasi tabel dalam Microsoft Access ?

Relasi tabel dalam Microsoft Access berfungsi untuk menjaga konsistensi data antar tabel master dengan tabel transaksi. Dengan menggunakan relasi tabel maka kita dapat mengatur hubungan antara tabel data master dengan tabel data transaksi. Relasi antara tabel master dengan tabel transaksi biasanya adalah relasi satu ke banyak (one to many). Dalam posting kali ini penulis akan memberi contoh aplikasi penjualan barang.

1. Relasi antara tabel penjualan dengan tabel master anggota
Relasi bertipe satu ke banyak artinya satu data/record anggota bisa terdapat banyak data/record pada tabel penjualan. Relasi antar tabel anggota dan penjualan menggunakan field ID pada tabel master anggota dan field ID_ANGGOTA pada tabel penjualan.



2. Relasi antara tabel Penjualan dengan Penjualan Detail
Relasi bertipe satu ke banyak artinya satu data/record penjualan bisa terdapat banyak data/record pada tabel penjualan detail. Relasi antar tabel penjualan dan penjualan detail menggunakan field NO_SLIP.



2. Relasi antara tabel Penjualan Detail dengan tabel master Barang
Relasi bertipe satu ke banyak artinya satu data atau satu record master barang bisa terdapat banyak data/record pada tabel penjualan detail. Relasi antar tabel master barang dan penjualan detail menggunakan field KODE_BARANG.



last update 14 April 2013

No comments: