Search This Blog

Loading...

Menggunakan Combo Box untuk Mencari Data

DOWNLOAD CONTOH PROGRAM MENGGUNAKAN COMBO BOX UNTUK MENCARI DATA

Pada form data master sering kali kita perlu untuk mencari satu item data dengan cepat. Untuk keperluan ini kita dapat menggunakan combo box agar dalam pross pencarian data menjadi lebih mudah. Misalnya kita punya data master barang dan kita ingin mencari data barang berdasarkan Nama Barang.

Pada tips Access kali ini saya akan menjelaskan contoh form master data Barang menggunakan combo box untuk mencari data nama barang.

Berikut adalah contoh gambar form dimana kita dapat mencari data dalam form dengan menggunakan combo box:

Record Source dari form BARANG ini adalah tabel BARANG yang terdiri dari field-field KODE BARANG, NAMA BARANG, SATUAN, KRITERIA dan AKTIF. Semua field ini digunakan sebagai Control Source dari text box dan check box yang ada pada form BARANG ini. Sedangkan combo box CARI digunakan untuk mencari item nama barang yang ada pada tabel BARANG.
Jika user memilih salah satu nama barang dari combo box CARI, maka item Barang akan langsung ditampilkan pada form BARANG.
Berikut adalah script dari event procedure CARI_AfterUpdate

--------------------------------------------
Private Sub CARI_AfterUpdate()
' Find the record that matches the control.
Dim rs As Object

Set rs = Me.Recordset.Clone
rs.FindFirst "[KODE BARANG] = '" & Me![CARI] & "'"
If Not rs.EOF Then Me.Bookmark = rs.Bookmark
End Sub
--------------------------------------------

Setiap kali user mengganti nama barang pada combo box cari, maka even AfterUpdate dari combox CARI akan dijalankan.
Walaupun pada combo box CARI yang ditampilkan adalah nama barang, namun sebenarnya data yang digunakan untuk mencari data adalah kode barang.
Sebagaimana terlihat pada script program di atas perintah untuk mencari data adalah rs.FindFirst "[KODE BARANG] = '" & Me![CARI] & "'" artinya cari kode barang yang datanya sama dengan data pada combo box CARI.

Row Source dari combo box CARI adalah Kode Barang dan Nama Barang dari tabel BARANG, dengan properti Bound Column adalah 1 sedangakan Column Count adalah 2.

Untuk lebih jelasnya silakan anda download contoh programnya di sini

last update 16 April 2013
Post a Comment