Search This Blog

Loading...

Header Detail Form

Untuk proses entry data, form header detail mutlak diperlukan. Apakah itu form header detail? Form header detail adalah suatu form yang terdiri dari header form dan detail form. Header form digunakan untuk entry data header dan detal form untuk mengentry data detail.
Sebagai contoh misalnya untuk entry data order permintaan bahan baku untuk proses produksi dari departemen produksi ke bagian gudang terdiri dari data-data nomor order, nama bagian, tanggal order, jam order, nama barang yang diorder, jumlah barang dan satuan barang.

Jika data tersebut dipecah berdasarkan header detail maka data pada header form adalah:
1. Nomor Order
2. Nama Bagian
3. Tanggal Order
4. Jam Order
5. Keteranagan
Sedangkan data yang dientry pada details form adalah:
1. Nama Barang
2. Jumlah Barang
3. Satuan Barang

Contoh bentuk header detail dari Order Permintaan bahan baku adalah sebagai berikut:


Pada Microsft Access, untuk membuat form header-detail diperlukan 2 buah tabel. Tabel pertama untuk menyimpan data header sedangkan tabel kedua digunakan untuk menyimpan data detail.

Pada contoh ini tabel header adalah tmpOrder dengan field-field data:
1. Nomor Order
2. Kode Bagian
3. Tanggal Order
4. Jam Order
5. Keterangan

Tabel detail adalah tmpOrder Detail
1. Nomor Order
2. Kode Barang
3. Jumlah Barang

Filed Nomor Order merupakan Primary Key pada tabel tmpOrder sedangkan pada tabel tmpOrder Detail Primary Key-nya adalah Nomor Order dan Kode Barang. Kedua tabel ini direlasikan pada field Nomor Order dengan tipe relasi satu ke banyak (one to many).

Relasi tabel pada microsoft access dapat dilihat seperti pada gambar berikut:

Pada gambar di atas tabel tmpOrder direlasikan dengan tabel tmpOrder Detail dengan relasi one to many. Untuk melihat detail relasi klik kanan pada garis yang menghubungkan tabel tmpOrder dan tabel tmpOrder Detail lalu klik Edit Relationship.

Akan muncul window Edit Relationship seperti gambar berikut:

Keterangan:
- Enforce Referential Integrity: pilihan untuk merelasikan antara 2 tabel
- Cascade Update Related Fields : Jika ada perubahan data pada field Nomor Order pada tabel tmpOrder maka akan merubah juga data pada tabel tmpOrder Detail
- Cascade Deleted Records : Jika data Nomor Order pada tabel tmpOrder dihapus, maka data pada tabel tmpOrder Detail juga akan ikut terhapus untuk data Nomor Order yang sama.

Pada form Order Untuk Proses Produksi tampak Nama Barang pada detal form-nya sedangkan tabel tmpOrder Detail yang digunakan pada form detal tidak ada field Nama Barang. Karena pada tabel tmpOrder Detail tidak ada data nama barang dan satuan barang, maka data nama barang dan satuan diambil dari tabel Barang yang direlasikan ke tabel tmpOrder Detail dengan menggunakan field Kode Barang.
Post a Comment