Search This Blog

Loading...

Object di Microsoft Access

Database di Access 2010 terdiri dari empat objek: tabel, query, form, dan laporan. Objek memungkinkan Anda untuk memasukkan, menyimpan, menganalisis, dan mengkompilasi data Anda seperti yang Anda inginkan. Dalam pelajaran ini, Kita akan belajar tentang masing-masing dari empat obyek dan untuk memahami bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain untuk membuat sebuah database relasional yang berfungsi penuh.

1. Table

Database adalah kumpulan data yang disusun dalam daftar yang saling terhubung. Pada Access, data disimpan dalam tabel, tabel merupakan elemen paling penting dalam database. Tabel disusun dalam kolom vertikal dan horisontal baris

Dalam Access, baris dan kolom disebut sebagai Records dan Fields. Field adalah lebih dari sekedar kolom: itu adalah cara untuk mengorganisasikan informasi dengan jenis data yang sama. Setiap bagian dari informasi dalam kolom/field adalah dari jenis yang sama. Misalnya, setiap entri dalam field yang disebut "Nama" akan menjadi nama, dan setiap entri di field yang disebut "Alamat" akan menjadi alamat.

Demikian juga, sebuah record lebih dari sekedar baris - itu merupakan unit informasi. Setiap sel dalam suatu baris merupakan bagian dari baris itu.

Perhatikan bagaimana setiap record meliputi beberapa fields. Meskipun informasi dalam setiap record diatur dalam fields, itu merupakan bagian informasi lain dalam baris/record itu. Lihat nomor di sebelah kiri setiap baris? Itulah nomor ID yang mengidentifikasi setiap record. Nomor ID untuk rekord mengacu pada setiap bagian dari informasi yang terdapat pada baris itu.

Tabel baik untuk menyimpan informasi yang saling terkait erat. Katakan bahwa Anda memiliki roti dan memiliki database yang meliputi tabel dengan nama pelanggan Anda 'dan informasi seperti nomor telepon mereka, alamat rumah, dan alamat email. Karena potongan-potongan informasi adalah semua rincian tentang pelanggan Anda, Anda akan memasukkan mereka semua di table yang sama. Setiap pelanggan akan diwakili oleh catatan unik, dan masing-masing jenis informasi tentang para pelanggan akan disimpan di fieldnya sendiri. Jika Anda memutuskan untuk menambahkan informasi lagi - misalnya, ulang tahun pelanggan - Anda hanya akan membuat field baru dalam tabel yang sama.

2. Form

Formyang digunakan untuk memasukkan, memodifikasi, dan melihat record. Anda mungkin harus mengisi formulir pada banyak kesempatan, seperti ketika mengunjungi kantor dokter, melamar pekerjaan, atau mendaftar untuk sekolah. Alasan form digunakan begitu sering adalah bahwa ini adalah cara yang mudah untuk memandu orang untuk memasukkan data dengan benar. Bila Anda memasukkan informasi ke dalam bentuk di Access, data akan disimpan dalam satu atau lebih tabel terkait sesuai dengan keingninan pembuat aplikasi.

Form membuat memasukkan data lebih mudah. Bekerja dengan tabel yang banyak dapat membingungkan, dan ketika Anda telah merelasikan lebih dari satu tabel, Anda mungkin perlu untuk bekerja dengan lebih dari satu sekaligus untuk memasukkan set data. Namun, dengan menggunakan Form, akan mungkin untuk memasukkan data ke dalam tabel sekaligus, semua dalam satu tempat. Pembuat database bahkan dapat mengatur pembatasan pada komponen Form untuk memastikan bahwa semua data yang diperlukan dimasukkan dalam format yang benar. Form membantu agar data tetap konsisten dan terorganisir dengan baik, penting untuk database yang akurat dan benar.

3. Query

Query adalah cara untuk mencari dan mengumpulkan data dari satu atau lebih tabel. Menjalankan query seperti mengajukan query rinci dari database Anda. Ketika Anda membangun sebuah query di Access, Anda mendefinisikan kondisi pencarian khusus untuk menemukan apa data yang Anda inginkan.

Query jauh lebih hebat daripada pencarian sederhana yang Anda lakukan dalam sebuah tabel.
Sementara pencarian/search akan dapat membantu Anda menemukan nama satu pelanggan pada bisnis Anda, Anda bisa menjalankan query untuk menemukan nama dan nomor telepon dari setiap pelanggan yang sudah melakukan pembelian dalam seminggu terakhir. Sebuah query yang dirancang dengan baik dapat memberikan informasi yang Anda mungkin tidak dapat mengetahui hanya dengan melihat melalui data dalam tabel Anda.

4. Report

Report menawarkan kemampuan untuk menyajikan data dalam format tercetak. Jika Anda pernah menerima printout komputer dari jadwal kelas atau faktur dicetak dari pembelian, Anda telah melihat laporan database. Report berguna, karena mereka memungkinkan Anda untuk menyajikan komponen dari database Anda dalam format yang mudah dibaca. Anda bahkan dapat menyesuaikan tampilan laporan untuk membuatnya menarik secara visual. Access menawarkan kemampuan untuk membuat laporan dari tabel atau query.
Post a Comment