Search This Blog

Loading...

Mengapa menggunakan Database

Jika database pada dasarnya adalah kumpulan daftar yang disimpan dalam tabel, dan Anda dapat membangun tabel di Excel, mengapa Anda perlu database? Sementara Excel mempunyai kemampuan yang hebat dalam menyimpan dan mengatur angka, Access jauh lebih powerfull dalam menangani data non-numerik, seperti nama dan deskripsi. Data non-numerik memainkan peran besar dalam hampir semua database, dan itu penting untuk dapat memilah dan menganalisanya.

Namun, hal yang benar-benar menetapkan database lebih unggul dari cara lain dalam menyimpan data adalah konektivitas. Kita menyebutnya database seperti yang akan kita lakukan pada relasional database Access. Database relasional mampu memahami bagaimana daftar dan objek di dalamnya berhubungan satu sama lain.

Untuk mengeksplorasi ide ini, mari kita kembali ke database sederhana dengan dua daftar: nama teman-teman, dan buku. Anda memutuskan untuk membuat daftar ketiga untuk melacak distribusi buku yang kita buat dan untuk siapa buku-buku tersebut.
Lihat bagaimana daftar ketiga menggunakan kata-kata yang muncul di dua daftar pertama? Database mampu memahami bahwa "Agus" dan "Fisika" dalam daftar "Distrubusi" adalah hal yang sama sebagai "Agus" dan "Fisika" dalam dua daftar pertama. Hubungan ini tampak jelas, dan seseorang akan memahami segera. Namun, sebuah workbook Excel tidak. Excel akan memperlakukan semua hal-hal sebagai potongan yang berbeda dan informasi yang tidak berhubungan. Dalam Excel, Anda akan harus memasukkan lagi setiap bagian dari informasi tentang seseorang atau jenis kue seluruhnya setiap kali Anda sebutkan itu, karena itulah Exel bukan database relasional seperti database Access.

Secara singkat, database relasional dapat mengenali apa yang kita kenali: bahwa jika kata-kata yang sama muncul dalam beberapa daftar, mereka mengacu pada hal yang sama. Fakta bahwa database relasional dapat menangani informasi dengan cara ini memungkinkan Anda untuk memasukkan, mencari, dan menganalisis data dalam lebih dari satu table pada suatu waktu. Semua hal ini akan sangat sulit untuk dilakukan di Excel, tetapi dalam Access, bahkan tugas-tugas yang rumit dapat disederhanakan dan dibuat cukup user-friendly.
Post a Comment