Search This Blog

Loading...

Membuat Table di Access 2010

Untuk membuat tabel pada Access 2010 kita dapat menggunakan tombol-tombol di group Table pada tab Create dari ribbon Access.




Ada 3 tombol pada group Tabel ini, yaitu Tabel, Table Design dan SharePoint Lists.

Kita hanya akan membahas Table dan Table Design.


1. Table

Dengan meng-click Table, Access akan menyedikan table kosong yang dapat kita langsung isi dengan data.

Pada kolom paling kiri Access akan langsung menyediakn satu field dengan nama ID.


Filed ID bertipe Long Integer dan merupakan Primary Key, nilai dari data pada field ini Autonumber artinya akan bertambah secara otomatis/incremental  ketika kita menambahkan record baru.

Secara default nama filed yang akan dibuat oleh Access adalah Filed1, Field2, Field3 dan seterusanya. Kita dapat merubah nama field dengan cara mengklik kanan pada nama field dan pilih Rename Field pada menu pop up yang muncul.

Tipe data akan secara otomatis diset oleh Access tergantung dari data yang kita masukkan, misalnya kita memasukkan data pertama berupa text maka Access akan menset tipe data Text dengan lebar data 255 karakter. Jika kita memasukkan data tanggal pada data pertama kita maka Access aklan men-set tipe data Date/Time pada field tersebut.

Namun demikian kita juga dapat menentukan tipe data sebelum kita memulai memasukkan data yaitu dengan cara mengkkik kanan pada field name yang belum terisi, lalu kita pilih tipe data yang kita inginkan.

Gambar untuk menentukan tipe data pada filed

Klik tombol Save untuk menyimpan table, Access akan meminta kita untuk mengisi nama tabel yang baru kita buat.

2. Table Design

Table Design adalah tombol pilihan untuk membuat table dalam mode design view. Pada mode ini kita tidak dapat langsung mengisi data pada tabel, tetapi kita harus menentukan nama field dan tipe data yang akan digunakan pada table yang kita buat.

Cara membuat table dengan cara ini sama dengan cara membuat table pada Access 2000/2002/XP/2003.



Pertama kita harus menentukan nama field, kemudian pilih tipe data dan lebar data, kemudian tentukan primary key lalu click tombol Save untuk menyimpan table.
Post a Comment