Search This Blog

Loading...

Date Picker pada form dan table Access 2010


Dalam posting kali ini saya akan membahas Date Picker pada form Access 2010.

Date Picker adalah fasilitas untuk mengisi data tanggal dengan menggunakan tombol pilihan kalender.

Jika kita membuat form pada Access 2010, Aplikasi Access 2010 akan secara otomatis membuatkan fasilitas Date Picker di sebelah kanan text box jika type data field yang di-bound pada text box bertipe Date/Time atau text box yang unbound tetapi format property-nya di set sebagai format tanggal.

Seting fasilitas date picker ini berdasarkan pada property dari text box tersebut, yaitu property Show Date Picker pada tab Format.
Pada Property Show Date Picker ada dua pilihan yaitu Never dan For Dates.
Secara default seting propertynya adalah For Dates sehingga pada saat user membuat text box bertype data tanggal atau Date/Time maka tombol atau fasilitas Date Picker akan aktif atau muncul pada saat form ditampilkan pada mode Form View.
Sedangkan jika property Show Date Picker diubah menjadi never maka tombol Date Picker tidak akan muncul pada form.

Begitu pula pada tabel, jika tipe data field adalah Date/Time maka pada field properties terdapat properties Show Date Picker yang pilihannya Never dan For Dates.

Jika seting propertie ini Never maka pada saat tabel dibuka pada Datasheet View, Access tidak akan menampilkan fasilitas Date Picker. Sedangkan jika seting properti dari Show Date Picker diset ke For Dates maka fasilitas date picker akan dimunculkan pada saat tabel dibuka pada Datasheet View.


Post a Comment